Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Infrastruktur Yang Layak Untuk Pendidikan Berkualitas

Salam sejahtera dan salam sehat untuk kita semua dalam menjalankan tugas dan aktifitas kita di mana saja berada.

Saya ingin menyampaikan isi hati saya mengenai kondisi infrastruktur khususnya infrastruktur di bidang pendidikan Nusa Tenggara Timur (NTT). Infrastrukur yang memadai adalah kunci utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan berkualitas. Namun, pada kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak sekolah di NTT yang mengalami berbagai keterbatasan dalam hal infrastruktur bidang pendidikan.

Di daerah NTT masih terdapat banyak sekolah yang bangunannya tidak layak, dengan atap bocor, dinding yang retak, serta minimnya fasilitas seperti kursi, meja, dan papan tulis. Selain itu akses jalan menuju sekolah sering kali sulit ditempuh, terutama bagi siswa di daerah terpencil, terluar dan tertinggal atau yang selama ini disebut daerah 3T.

Ada siswa dan guru yang harus menempuh perjalanan sangat jauh dengan kondisi jalan yang rusak. Ketiadaan listrik juga menjadi kendala besar dalam pembelajaran. Khususnya di daerah Timor Tengah Utara (TTU) infrastruktur pendidikan masih belum merata.

Sarana dan prasarana pendukung yang belum optimal. Kondisi fisik sekolah, seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan fasilitas pendukung lainnya seringkali kurang memadai dan ketersediaan alat bantu belajar yang kurang memadai juga menjadi tantangan tersendiri. 

Berdasarkan persoalan serius tersebut sebenarnya NTT memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti tenaga surya yang dapat dimanfaatkan untuk listrik sekolah, bahan baku lokal seperti bambu dan kayu untuk membangun ruang kelas yang ramah lingkungan dan menyenangkan. Selain itu, budaya gotong royong yang kuat di masyarakat bisa dimanfaatkan dalam program pembangunan sekolah secara bersama-sama.

Oleh karena itu beberapa solusi yang saya tawarkan yaitu:

• Peningkatan akses pendidikan melalui pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, listrik, sekolah, dan sarana pendukung lainnya agar siswa dapat belajar tanpa hambatan transportasi. 

• Digitalisasi sekolah:  Menyediakan akses internet di sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan sumber daya digital.

Saya berharap melalui surat ini, Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur dapat memperhatikan pembangunan infrastruktur khsusnya infrastruktur yang berkaitan dengan pendidikan di NTT khususnya di Timor Tengah Utara (TTU). Dengan fasilitas yang memadai kami sebagai generasi muda dapat belajar dengan lebih baik dan siap membangun masa depan NTT yang lebih cerah di segala sector bidang kehidupan.

Demikian surat ini saya sampaikan dengan penuh harapan, semoga apa yang saya tulis dapat menjadi perhatian dan langkah nyata dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik di NTT. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Penulis:  Camila Regolinda Omenu

Post a Comment for "Infrastruktur Yang Layak Untuk Pendidikan Berkualitas"